Cara Berpikir Positif Meningkatkan Kualitas Fisik & Mental

berpikir positif

Berpikir positif tidak membutuhkan uang. Semua dari kita menggunakan pikiran dengan bebas dan mudah. Kita menggunakan pemikiran untuk mendapatkan hasil maksimal dari emosi. Sementara itu, pikiran negatif menghasilkan banyak kecemasan. Banyak ketidaknyamanan emosional dan mengubah perilaku orang sedemikian rupa sehingga ini mengganggu mereka.

Pikiran negatif mencuri kesejahteraan dan harmoni dengan diri sendiri dan dengan orang lain. Ini akan menyebabkan gangguan psikosomatis yang serius. Pikiran negatif menyebabkan ketidakpuasan, kesedihan, ketidakamanan, kecemasan, dan kekurangan vitalitas. Ini juga mempengaruhi fisik dan mental yang begitu besar sehingga kehidupan anda secara bertahap tidak berdaya.

Berpikir positif

Di sisi lain, pikiran positif mempromosikan emosi positif, tetapi juga banyak perilaku yang ditujukan untuk kepuasan dan pemecahan masalah. Telah terbukti bahwa mereka yang menikmati emosi-emosi ini meningkatkan status kesehatan mereka.

Kita hidup dalam masyarakat yang semakin meminta kita untuk lebih, yang membutuhkan upaya untuk meningkatkan materialisme, prestise sosial, dan segala sesuatu. Kita berada dalam masyarakat dimana kebahagiaan dicari di atas segalanya. Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memiliki banyak uang, mereka akan sangat bahagia karena mereka dapat membeli kebahagiaan. Tetapi itu tidak terjadi karena kita memiliki tingkat depresi, kecemasan, atau penyakit lainnya.

Kesehatan

Kesehatan adalah hasil dari keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Untuk alasan ini, aspek psikologis semakin penting, baik dalam kesehatan dan di atas segalanya. Orang yang merasa bahagia kurang rentan terhadap perkembangan penyakit. Sedangkan jika dibandingkan dengan mereka yang cenderung pesimis, mereka akan rentan dengan penyakit. Selain itu, memiliki sikap positif terhadap kehidupan akan memperpanjang usia.

Optimisme sangat penting untuk kesehatan. Di lain sisi, pesimisme sebagai sikap hidup menyebabkan kesehatan fisik jauh lebih rapuh dan depresi lebih besar. Kecemasan yang lebih besar, ketegangan fisik dan mental mengakibatkan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Ketidaknyamanan emosional yang berkelanjutan menghasilkan perubahan dalam fungsi otak. Melalui berbagai penelitian telah ditemukan bahwa satu menit yang didedikasikan untuk pikiran negatif mengurangi sistem kekebalan tubuh.

Sumber daya yang berharga terhadap kekhawatiran adalah memusatkan perhatian pada latihan fisik. Berlatih pernapasan perut atau diafragma memiliki kemampuan untuk menghasilkan perubahan di otak. Ini mendukung sekresi hormon seperti serotonin dan endorphin, di samping meningkatkan penyetelan ritme otak antara dua belahan otak.

Keterkaitan berpikir positif dan kesehatan

Pikiran jelas mempengaruhi fisik dan mental seseorang. Seseorang dengan pikiran negatif akan merasa tertekan, cemas, dan rendah diri. Sikap yang lebih positif terhadap kehidupan meningkatkan sistem kardiovaskular dan peredaran darah. Selain itu juga meningkatkan suasana hati yang baik serta kapasitas fungsional dan kognitif.

Emosi positif memainkan peran yang sangat penting, tidak hanya dalam pencegahan penyakit tetapi juga dalam prognosis. Orang yang membawa emosi positif akan memiliki prognosis yang lebih baik, dengan penyakit yang sama, daripada mereka yang tidak.

Sistem saraf, endokrin, dan kekebalan sangat terkait karena banyak jalur anatomi dan fisiologis yang berinteraksi. Untuk alasan ini, faktor-faktor psikologis dapat mempengaruhi prognosis banyak penyakit, melalui pengaruhnya pada sistem kekebalan.

Berpikir positif tidak sesuai dengan emosi negatif atau suasana hati yang tidak menyenangkan. Kita dapat menemukan pengalaman yang lebih sehat dan adaptif yang dapat membantu kita untuk mempertimbangkan alternatif lain. Ini berguna untuk melihat solusi yang lebih efektif dengan lebih banyak kekuatan batin.

loading...

Bagaimana cara berpikir positif?

Berpikir itu gratis, mari belajar berpikir. Berpikir positif akan menyangkal unsur negatif.
Berpikir positif adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Seberapa sering anda memvisualisasikan adegan negatif yang sama? Sudahkah anda mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika anda melakukan yang sebaliknya?

Otak memiliki plastisitas yang besar, otak akan tumbuh karena anda melakukan semua mekanisme yang diperlukan untuk ini dan mengaktifkan sirkuit saraf baru. Janganlah membuang waktu atau energi dalam ratapan atau hal-hal yang tidak produktif. Sebaliknya, gunakan energi itu dalam memberikan solusi, gunakan semua sumber daya dan solusi akan datang.

Berpikir positif selalu memancing emosi yang positif, sangat menyenangkan, dan bermanfaat bagi fisik dan psikologis. Berpikir positif membawa yang terbaik dalam diri kita. Pikiran positif mendorong relaksasi, harga diri, dan membantu menghargai dan mencintai diri kita dan orang lain, merasa bangga akan diri sendiri.

Untuk menghasilkan pikiran positif adalah belajar meningkatkan keterampilan dan sumber daya menuju penyelesaian masalah yang lebih baik. Ini juga belajar untuk merangsang dan meningkatkan harapan, optimisme, konfrontasi terhadap kesulitan, motivasi untuk mencapai tujuan, kekuatan emosional, dan kualitas hidup yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Manfaat berpikir positif

  • Lebih banyak kedamaian, ketenangan, keseimbangan, harmoni dalam hubungan dengan orang lain dan dengan diri sendiri.
  • Mimpi yang lebih positif dan optimisme yang lebih besar.
  • Tindakan yang lebih besar dan mobilisasi yang lebih besar ketika menyelesaikan masalah apa pun, betapa pun sulitnya hal itu.
  • Kreativitas dan dinamisme yang lebih besar.
  • Kejelasan dan keefektifan yang lebih besar.
  • Konsentrasi lebih besar.
  • Lebih banyak rasa hormat terhadap diri kita dan terhadap orang lain.
  • Lebih banyak ilusi, lebih banyak keinginan untuk menikmati, lebih banyak keinginan untuk hidup, lebih banyak keinginan untuk berbagi momen terbaik dalam hidup.

Emosi negatif dan positif

Jika seseorang memiliki sikap negatif terhadap kehidupan, ketika masalah dan kesulitan muncul, orang itu tidak akan dapat mengatasinya karena pesimisme akan bertindak sebagai faktor kerentanan.

Emosi negatif menyebabkan depresi, kecemasan, ketidakamanan. Banyak penelitian menunjukkan bagaimana emosi positif memfasilitasi pola pikir yang jauh lebih reseptif, fleksibel, kreatif dan menentukan.

Otak bekerja dengan pengulangan. Ketika hal tertentu memiliki kepentingan khusus baginya, otak kita merespon dan menghasilkan emosi, siaga, dan aktivasi. Entah itu baik atau buruk, otak mengulangi respon yang sama berulang kali ke stimulus yang sama. Misalnya, apa yang terjadi ketika kita mendengar lagu yang indah? Lagu atau sesuatu membuat kenangan datang ke pikiran, tidak hanya ingat apa yang terjadi, tapi semua perasaan bahwa otak kita berhubungan dengan situasi khusus.

Belajar dari masa lalu

Hidup dalam kenangan masa lalu dan sedih hanya membawa kesedihan, apatis, impotensi, kepahitan, depresi dan umumnya semua jenis emosi negatif dan berbahaya. Kita tidak dapat mengubah masa lalu tetapi saat ini. Mari kita lihat ke depan dan membangun masa depan kita dengan bekerja sekarang.

Ini adalah tentang belajar mengubah diri kita sendiri untuk bertanggung jawab atas konsekuensi kita sendiri. Jika kita tidak dapat mengubah situasi, mari kita mengubah diri kita. Untuk mencapai perubahan ini, pikiran memainkan peran mendasar.

Yang penting adalah belajar mendeteksi kesalahan. Anda harus hidup dari hari ke hari, menit demi menit, detik demi detik, anda harus belajar dari masa lalu untuk tidak membuat kesalahan yang sama. Kesalahan tidak harus dilihat sebagai kegagalan tetapi sebagai mekanisme untuk belajar dan mampu melaluinya.

Ketika pikiran dipenuhi dengan kemarahan, kebencian, putus asa, khawatir atau emosi negatif lainnya, kita secara otomatis membuat pilihan yang tidak pantas dan sangat berbeda dari seperti yang akan kita lakukan dalam kondisi emosional yang lebih optimis.

Hindari mengkhawatirkan apa yang belum terjadi

Kita menghabiskan terlalu banyak usaha dan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak pernah terjadi. Belajar mengendalikan pikiran dapat menyelamatkan kita dari penderitaan dan kecemasan. Sering kali kita tidak dapat menyaring apa yang nyata dari apa yang merupakan keyakinan yang salah. Situasi yang sama dapat ditafsirkan dalam berbagai cara dan semuanya akan tergantung pada pikiran kita.

Jika kita sedih dengan kenangan yang menyakitkan atau keadaan tertentu, kita biasanya berpikir tentang segala sesuatu dengan nada kesedihan, kekecewaan dan melankolis. Ini sangat mempengaruhi kemampuan kita untuk merasa baik, ceria, optimis. Kita mungkin berpikir bahwa tak seorang pun menginginkan kita.

Kesimpulan

Jika anda berpikir bahwa anda bisa, maka anda akan bisa! Semuanya ada dalam pikiran. Sikap saat ini lebih penting daripada masa lalu, masa lalu tidak bisa dimodifikasi. Kita tidak bisa mengubah yang tak terelakkan. Apa yang bisa kita ubah adalah masa kini untuk memperbaiki masa depan kita.

Seseorang yang pikirannya tentang kehidupan negatif adalah seseorang yang berada dalam kecemasan terus menerus dan menyebabkan lebih banyak kerusakan fisik dan mental. Pikiran positif akan selalu disertai dengan emosi positif dan karena itu bermanfaat. Oleh karena itu sepanjang waktu dan energi yang kita curahkan di dalamnya akan bernilai, karena kesejahteraan fisik dan mental kita akan bergantung padanya.

Penderitaan tidak berguna dan sangat merusak kesehatan. Jadi jangan menghabiskan waktu untuk mengembangkannya. Mari kita melakukan hal yang sebaliknya dan kita akan memenangkan pertempuran untuk melawan pikiran negatif. Belajar untuk mengembangkan pemikiran positif akan berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta kualitas hidup juga meningkat.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *