Cara Mengatasi Emosi Berlebihan Jadi Lebih Baik

cara mengatasi emosi berlebihan

Emosi adalah reaksi alami yang memungkinkan individu untuk waspada terhadap situasi tertentu yang melibatkan bahaya, ancaman, frustrasi, dsb. Komponen utama emosi adalah reaksi fisiologis; meningkatnya detak jantung dan pernapasan, ketegangan otot. Keterampilan tertentu berguna untuk mengelola emosi karena intensitas yang berlebihan dapat membuat seseorang akan masuk dalam keadaan yang tidak menyenangkan.

Pada sebagian besar makhluk hidup, biasanya ada serangkaian reaksi fisiologis yang muncul untuk membuat tubuh waspada. Reaksi yang terjadi pada manusia lebih rumit daripada hewan karena disertai dengan pengalaman spesifik. Selain itu, manusia tidak harus bereaksi secara naluriah seperti melarikan diri dari situasi semacam ini.

Apa itu emosi?

Kecemasan dan kemarahan adalah reaksi alami yang harus anda waspadai dalam situasi tertentu. Kondisi ini juga dapat menjadi emosi negatif atau berbahaya dan menyebabkan ketidaknyamanan dan perilaku yang tidak pantas.

Kecemasan
Kecemasan adalah salah satu emosi yang anda harus tahu bagaimana menanganinya karena ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak pantas. Hal ini terutama terjadi pada konteks sosial seperti bicara di depan umum.

Kecemasan terdiri dari serangkaian perasaan takut, gelisah, ketegangan, kekhawatiran dan ketidakamanan yang anda alami dalam situasi yang anda anggap sebagai ancaman, baik secara fisik maupun psikologis. Kecemasan mencakup komponen-komponen sebagai berikut:

  • Pikiran dan bayangan yang menakutkan.
  • Sensasi fisik yang terjadi ketika gugup atau marah.
  • Perilaku yang merupakan konsekuensi dari respon kecemasan.

Dalam kecemasan, seperti halnya emosi lainnya, reaksi fisik memainkan peran yang sangat penting. Cara anda berperilaku ketika gelisah sering mengganggu fungsi tubuh secara normal. Sebagai contoh, pada beberapa orang, saat dia merasa gugup, dia dapat mengalami sakit perut dan mulas. Untuk itulah, mengontrol emosi begitu penting karena ini dapat mempengaruhi kemampuan untuk mengembangkan kehidupan yang sehat.

Amarah
Kemarahan adalah emosi lain yang bisa menjadi masalah. Kemarahan mengacu pada serangkaian perasaan tertentu yang meliputi benci. Biasanya, ini muncul dalam situasi dimana anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan.

Reaksi fisiologis terhadap kemarahan serupa dengan yang terjadi dalam kecemasan. Apa yang membedakan satu dari yang lain adalah jenis situasi yang memprovokasi, pemikiran yang terjadi dalam situasi dan perilaku yang dilepaskan.

loading...

Cara menangani emosi kecemasan dan kemarahan

Kondisi emosional biasanya hidup secara negatif dan sering mengarah pada perilaku yang tidak pantas, yang membuat orang mencari cara untuk menghilangkannya. Banyak orang mengembangkan strategi khusus untuk mengelola emosi mereka. Beberapa diantaranya mungkin memadai, tetapi mungkin ada pula yang tidak efektif atau justru memiliki konsekuensi negatif. Berikut adalah beberapa teknik mujarab yang sering orang gunakan untuk mengendalikan emosi mereka:

Pernapasan
Teknik ini sangat mudah anda terapkan dan berguna untuk mengendalikan reaksi fisiologis sebelum, selama, dan setelah berurusan dengan kondisi yang sangat emosional.

  • Tarik napas dalam-dalam.
  • Tahan napas anda sementara.
  • Lepaskan udara pelan-pelan
  • Ulangi proses sebelumnya.

Hitungan pada saat menarik napas adalah sama dengan saat anda mengeluarkannya. Untuk memastikan bahwa anda bernapas dengan benar, anda dapat meletakkan satu tangan di dada dan yang lain di perut. Ini untuk memastikan jika anda menggunakan pernapasan perut, maka anda gunakan pernapasan ini terus-menerus, tidak bergantian antara napas perut dan dada.

Berhenti memikirkannya
Teknik ini juga dapat digunakan sebelum, selama atau setelah situasi yang menyebabkan masalah bagi anda. Metode ini berfokus pada pengendalian pikiran. Untuk mempraktekkannya, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketika anda mulai merasa tidak nyaman, gugup atau kesal, perhatikan jenis pikiran yang anda miliki, dan identifikasi semua yang memiliki konotasi negatif.
  • Katakan pada diri anda untuk berhenti.
  • Ganti bayangan dalam pikiran anda untuk yang lebih positif.

Beberapa latihan akan anda perlukan untuk mengidentifikasi pikiran negatif, untuk mengubahnya menjadi positif.

Relaksasi otot
Teknik ini juga berfungsi untuk menerapkan sebelum, selama dan setelah situasi. Akan tetapi untuk penggunaan yang efektif membutuhkan pelatihan sebelumnya. Untuk latihan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Duduk dengan tenang dalam posisi yang nyaman dan tutup mata.
  • Perlahan-lahan kendurkan semua otot-otot, dimulai dengan jari-jari kaki dan kemudian ke bagian lainnya sampai kepala.
  • Setelah anda mengendurkan semua otot-otot tubuh anda, bayangkan diri anda berada di tempat yang damai dan santai. Apa pun tempat yang anda pilih, bayangkan diri anda benar-benar merasa santai.
  • Lakukan latihan ini sesering mungkin, setidaknya sekali sehari selama sekitar 10 menit setiap kali.

Teknik yang lainnya adalah latihan mental, yaitu sebagai tindakan pencegahan karena anda akan menggunakannya sebelum menghadapi situasi tidak nyaman. Cara ini dengan membayangkan bahwa anda berada dalam situasi semacam itu. Dengan metode ini, anda akan siap secara mental dan merasa lebih percaya diri dengan diri anda.

loading...

1 Star2 Star3 Star4 Star5 Star (No Ratings Yet)
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *