Manfaat Mindfulness Dalam Bidang Pendidikan

mindfulness

Mindfulness (MF) adalah kualitas kesadaran manusia yang ditandai dengan peningkatan kapasitas untuk menerima dan meningkatkan perhatian dalam pengalaman hidup. Kesadaran untuk meningkatkan komitmen terhadap momen saat ini dan pemahaman yang lebih jelas tentang pikiran dan emosi dapat mempengaruhi kualitas hidup.

Mindfulness bisa berkembang melalui latihan meditasi. Meskipun MF adalah kapasitas manusia yang melekat secara internal, minat ilmiah dalam kesadaran berkembang di bidang kedokteran, psikologi, sosial dan bisnis, serta bidang lainnya.

Kebutuhan untuk mempromosikan kompetensi sosial, emosional, dan kesejahteraan anak-anak perlu menjadi perhatian khusus selama masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja (Hertzman dan Power, 2006). Selama pada masa awal remaja, khususnya usia antara 9 dan 12 tahun, sebuah program yang menggabungkan praktek MF menjadi sangat penting.

Pada awal remaja, ini adalah periode perkembangan ketika anak-anak mengkonsolidasikan kepribadian mereka, perilaku, dan kompetensi yang mereka ambil akan bertahan hingga di masa remaja dan sebagai akibat di masa dewasa (Eccles dan Roeser, 2009).

Pada usia antara 9 dan 12, perubahan mendasar terjadi di hampir semua bidang kehidupan, baik kecerdasan dan kepribadian. Murid-murid dari segala usia dapat mencapai ruang kelas yang penuh dengan peristiwa-peristiwa yang penuh tekanan, yang berasal dari berbagai sumber, termasuk disfungsi sistem keluarga, konflik antar teman, tantangan sosial-budaya dan kerentanan terhadap masalah-masalah fisik dan mental.

Terisolasi dalam masalah akan mengalami kesulitan dalam belajar dan kinerja. Sumber stres ini kadang-kadang dapat menjadi racun bagi perkembangan dan pembelajaran siswa. Penelitian menunjukkan bahwa stres berlebihan mempengaruhi otak yang sedang berkembang.

Stres yang konstan pada masa kanak-kanak dan remaja cenderung berdampak pada kesejahteraan, fungsi umum, dan faktor-faktor untuk belajar, seperti fungsi eksekutif dan memori kerja. Lingkungan sekolah memberikan pengaturan yang ideal untuk penggunaan intervensi yang mempromosikan fungsi dan perkembangan yang sehat dari lingkungan otak dan mendorong ketahanan stres.

Semakin banyak bukti yang terakumulasi bahwa pelatihan MF adalah cara yang efisien dalam hal biaya dan manfaat untuk mencapai tujuan ini. (Greenland)

Apa yang dapat kita pahami dari mindfulness?

MF bukanlah sesuatu yang baru, ini adalah bagian dari apa yang membuat kita menjadi manusia dengan kemampuan untuk sepenuhnya sadar dan penuh perhatian. Kapasitas untuk kesadaran yang berkesinambungan, terutama di tengah-tengah kekacauan emosi adalah kemampuan khusus.

Apa yang saat ini kita sebut MF di bidang ilmu kontemplatif dan teknik-teknik yang sesuai dari kultivasinya, berasal dari praktik psikologi introspektif oriental, khususnya dari psikologi Buddhis, yang mengacu pada konsep ini selama lebih dari 2.500 tahun.

MF (Mindfulness) adalah istilah yang berasal dari bahasa Pali, dimana Sati bergabung dengan Sampajana. Istilah ini diterjemahkan dalam kesadaran hati nurani, kehati-hatian, kebijaksanaan dan retensi. Representasi linguistik ini telah dipertimbangkan oleh para ahli dan menyarankan bahwa MF berarti mengingat untuk memperhatikan apa yang terjadi dalam pengalaman langsung dengan perhatian dan ketajaman.

Sedikit demi sedikit konsep MF sedang diperkenalkan ke dalam dunia sains barat, dan banyak peneliti memfokuskan pekerjaan mereka pada kesadaran dan praktik meditasi yang terkait. (Siegel, 2011)

Meditasi adalah metode yang digunakan untuk mengembangkan kesadaran, pada awalnya pemikiran gagasan yang diterima secara umum dan membingkai MF di bidang esoterik. Ini menjadi hal yang tidak terpisahkan dan terkait dengan keyakinan agama. Hal ini juga dianggap sebagai kemampuan yang hanya dapat dicapai oleh sebagian orang. Namun, beberapa metodologi penelitian dan penemuan ilmiah telah meruntuhkan mitos-mitos ini. MF telah secara luas dianggap sebagai kualitas inheren kesadaran manusia, yaitu kapasitas perhatian dan kesadaran yang berorientasi pada saat ini, yang bervariasi antara individu dan dapat dievaluasi secara empiris.

Fakta paling berpengaruh tentang mindfulness

Sebuah fakta penting untuk anda ingat adalah bahwa kemampuan MF tidak mutlak, tidak berubah atau ditentukan sepenuhnya oleh genetika. Jika ini adalah fakta, orang-orang tidak akan dapat mempelajari dan berhasil.

Ini dapat dianggap sebagai sesuatu yang lebih dekat dengan keadaan daripada sifat karena pembangkitan dan pemeliharaannya tergantung pada pengaturan perhatian sambil mengembangkan orientasi terbuka untuk bereksperimen.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *