Serangan Panik: Penyebab Gejala Pengobatan

serangan panik

Serangan panik adalah munculnya rasa takut atau ketidaknyamanan yang tiba-tiba, disertai gejala somatik. Pada umumnya, ini dapat terjadi antara 5 dan 20 menit, dan orang-orang yang menderita nya mengalami gejala fisik dan psikologis.

Ketika serangan panik terjadi, seseorang akan memiliki perasaan bahwa dia berada dalam situasi berbahaya. Sistem saraf mengaktifkan sinyal alarm dan reaksi tertentu saat seseorang merasa dalam bahaya meski ini hanya sebatas bayangan orang tersebut. Pada kondisi ini, otot akan menjadi tegang, terjadi peningkatan denyut jantung, pernapasan menjadi lebih cepat dan merasa gelisah, berkeringat, perasaan kehilangan kontrol, dan beberapa reaksi lainnya.

Penyebab serangan panik

Seperti yang telah anda ketahui, seseorang dapat menderita serangan panik karena aktivasi pada sistem alarm. Mengapa aktivasi alarm terjadi meski sebenarnya tidak ada bahaya mengancam? Ada beberapa cara berbeda yang dapat kita alami terkait dengan gejala serangan panik tanpa alasan yang jelas. Beberapa dari penyebab diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk berbagai alasan, misalnya; saat kita bergerak dari pembaringan untuk bangun dengan cepat, saat membungkuk, merasa kepanasan, dsb, hal-hal ini dapat menyebabkan tensi turun. Ketika ini terjadi, ada beberapa gejala seperti pusing, ingin pingsan, penglihatan kabur, vertigo, dsb.

2. Ketika kita mengalami situasi yang sangat menegangkan, tubuh kita melepaskan lebih banyak adrenalin dan neurotransmiter lainnya seperti kortisol. Ini dapat menyebabkan beberapa gejala yang berhubungan dengan serangan panik.

3. Beberapa gejala fisik dapat dihasilkan ketika tubuh mengalami perubahan normal dan tepat setiap tahap kehidupan. Ini adalah perubahan yang dialami semua orang tetapi terkadang sering luput dari perhatian kita.

4. Kadang-kadang, bahkan tanpa orang yang menyadarinya, seseorang cenderung bernapas dengan cepat dan dangkal, yang dapat menyebabkan hiperventilasi.

Krisis kepanikan dihasilkan karena orang tersebut menafsirkan suatu kondisi sebagai ancaman dan sangat berbahaya. Orang cenderung memberikan penafsiran bencana ketika mengalaminya. Pikiran-pikiran tentang bencana ini menyebabkan sistem alarm aktif, yang menghasilkan emosi, sensasi, dan perilaku krisis kepanikan.

Oleh sebab kita percaya bahwa kita benar-benar dalam bahaya, maka sistem alarm menjadi aktif dan meningkatkan intensitas. Semua ini menyebabkan orang tersebut akhirnya mengalami serangan panik.

loading...

Gejala serangan panik

Serangan panik tidak saja dapat kita anggap sebagai gangguan mental. Serangan panik dapat muncul pada gangguan kecemasan lainnya seperti fobia. Gejala serangan panik biasanya muncul tiba-tiba dan mencapai gejala maksimum dalam beberapa menit. Secara umum, hal-hal berikut akan nampak pada seseorang:

  • Tubuh gemetar.
  • Berkeringat.
  • Rasa mual atau perut tidak nyaman.
  • Pingsan atau pusing.
  • Sesak napas.
  • Merasa mati rasa.
  • Akselerasi detak jantung.
  • Kehilangan kendali atau kalap.
  • Takut mati.

Pengobatan

Orang-orang umumnya pulih dari serangan panik tanpa perlu perawatan. Namun, beberapa orang dapat mengalami gangguan lebih parah. Ketika ini terjadi, anda harus memulai perawatan sesegera mungkin. Semakin lama anda memeliharanya, semakin sulit untuk mengatasinya, meskipun itu tidak pernah mustahil.

Perawatan psikologis untuk gangguan panik adalah untuk menginformasikan seseorang tentang sifat gangguan ini. Anda juga akan mengetahui serangkaian teknik dan strategi untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan sebelum munculnya serangan panik. Semua langkah ini untuk secara bertahap akan mengurangi gejala.

Selain itu, terapi perilaku kognitif akan digabungkan dengan pemberian beberapa obat, seperti antidepresan dan ansiolitik. Keduanya telah menunjukkan keampuhan yang besar untuk jenis gangguan ini.

Setelah menganalisis secara mendalam tentang gejala dan pengobatan serangan panik, berikut adalah beberapa kiat yang dapat berguna untuk mengendalikan serangan panik:

  • Ambil nafas yang dalam dan perlahan, tahan napas selama beberapa detik lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Ulangi proses yang sama lagi setidaknya 5 kali.
  • Ingat selalu bahwa reaksi yang anda alami itu normal, meskipun tampaknya anda menghadapi bahaya nyata.
  • Cobalah untuk mengalihkan pikiran anda dengan pemikiran lain, berhentilah memperhatikan semua gejala yang anda alami.
  • Temukan tempat yang nyaman di mana anda dapat melewati sensasi ini.

Siapa pun dapat mengalami krisis kepanikan pada saat yang terisolasi dalam hidup mereka. Seseorang yang mengalaminya dapat merasa tertekan dan takut untuk mengalami lebih banyak serangan di masa depan. Ketika ini terjadi, orang yang terkena akan lebih penuh perhatian daripada biasanya untuk semua jenis sensasi internal.

Sewaktu serangan panik menjadi konstan dan berulang, ini dapat membawa kekhawatiran yang berkelanjutan tentang serangan krisis panik di masa depan dan orang tersebut mulai menunjukkan perilaku menghindar. Jika seseorang tidak menerima perawatan yang memadai untuk menghilangkan serangan panik, maka depresi akan mudah terjadi.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *