Penyebab Gelisah Saat Tidur Malam

gelisah menjelang tidur

Apakah anda merasa gelisah di malam hari atau ketika anda ingin berangkat tidur? Kecemasan adalah suatu kondisi yang dapat muncul kapan saja, bahkan ketika kita siap untuk bersantai di tempat tidur.

Pada umumnya, kecemasan nokturnal biasanya terkait dengan tingginya tingkat stres yang kita miliki di siang hari dan ketegangan yang kita kumpulkan. Situasi ini membuat kita gugup ketika tiba saatnya tidur. Namun, kecemasan ini juga dapat muncul karena alasan lain, seperti beberapa kelainan atau kondisi yang memerlukan perhatian medis. Untuk itu, penting untuk tetap memperhatikan gejala yang terjadi.

Agar anda dapat menemukan jawaban yang anda cari, dalam artikel ini, anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan anda. Berikut adalah cara praktis untuk menyalurkan stres yang dapat membantu anda jika kecemasan menyerang anda di malam hari.

Gejala kecemasan saat akan tidur

Seseorang yang menderita kecemasan di malam hari dapat memiliki beberapa gejala berikut:

  • Detak jantung lebih cepat
  • Palpitasi
  • Badan gemetar
  • Berkeringat
  • Nyeri di dada
  • Mati rasa
  • Pusing atau vertigo
  • Mual
  • Merasa sangat panas atau dingin
  • Nyeri otot
  • Kelelahan

Penyebab kecemasan nokturnal

Tidak diragukan lagi, salah satu penyebab paling umum dari gelisah menjelang tidur adalah stres yang berlebihan. Semua kekhawatiran yang menumpuk setiap hari dapat menjadi alasan utama mengapa pikiran anda tidak terputus pada waktu tidur. Oleh karena itu, sangat sulit bagi anda untuk tidur dan beristirahat dengan baik. Pekerjaan, masalah pribadi, keluarga, berada di belakang penyebab stres dan kecemasan di malam hari.

Pada banyak kasus, kekhawatiran di masa depan juga berdampak pada kecemasan di malam hari dan tidak bisa tidur nyenyak. Stres yang anda miliki akan membuat anda lebih rentan terhadap masalah tidur.

loading...

Serangan panik
Serangan panik malam hari dapat didefinisikan sebagai episode singkat dari kecemasan intens yang terjadi setelah tubuh dalam kondisi istirahat. Gejala-gejala serangan ini bervariasi dari satu orang ke orang lain, tetapi, secara umum, orang yang terkena dapat bermanifestasi sebagai berikut:

  • Terbangun tiba-tiba di tengah tidur dengan gejala kecemasan
  • Detak jantung yang cepat dan tidak teratur
  • Mual
  • Berkeringat
  • Kesulitan bernafas secara normal
  • Tubuh menggigil

Serangan panik nokturnal ini bisa sulit untuk dikendalikan. Meskipun biasanya hanya berlangsung beberapa menit, orang yang terkena tidak dapat tertidur lagi dengan mudah dan takut serangan jenis ini akan kembali ke menghasilkan.

Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, telah ditunjukkan bahwa kondisi mereka dapat terkait dengan stres ekstrim, genetika, dan perubahan fungsi beberapa bagian otak. Untuk perawatan, anda perlu mengunjungi spesialis dan memulai psikoterapi.

Gangguan tidur
Penyebab lain yang dapat menjawab pertanyaan mengapa saya merasa cemas saat saya tidur adalah kondisi beberapa jenis gangguan tidur. Dalam kasus-kasus ini, yang paling umum adalah bahwa orang tersebut merasakan ketakutan yang mencegahnya tertidur. Di antara gangguan tidur yang dapat menyebabkan penderitaan saat tidur, antara lain adalah sbb:

  • Insomnia
  • Sleep apnea
  • Teror malam hari
  • Kelumpuhan tidur

Sindrom kaki gelisah (Restless legs syndrome)
Di antara gangguan yang dapat menyebabkan penderitaan kecemasan di malam hari saat tidur adalah sindrom kaki gelisah. Ini adalah gangguan neurologis di mana orang yang terkena memiliki kebutuhan yang tak terkendali untuk menggerakkan kakinya ketika dia beristirahat. Selain itu, mereka yang menderita karenanya mengaku merasa gemetar, kesemutan, rasa terbakar, dan sakit pada kaki.

Terlepas dari kenyataan bahwa penyebab gangguan ini tidak sepenuhnya jelas, para ahli menunjukkan bahwa kemungkinan ini adalah faktor genetik, anemia, kehamilan tahap akhir, diabetes, parkinson, kerusakan ginjal atau neuropati perifer, dsb. Untuk perawatan anda, anda harus mengonsumsi obat-obatan yang dokter sarankan selain membuat beberapa perubahan penting dalam kebiasaan hidup.

Kiat untuk menghindari dan mengendalikan kecemasan di malam hari

Sekarang anda telah menemukan apa yang menjadi kemungkinan penyebab kecemasan saat anda tidur. Kini anda akan mengetahui serangkaian tindakan dan rekomendasi yang dapat membantu anda meningkatkan kualitas tidur dan tidur anda di malam hari:

Mencari bantuan profesional
Jika anda mencurigai bahwa kecemasan malam hari merupakan konsekuensi dari masalah kesehatan fisik, anda segeralah pergi ke dokter. Demikian juga, jika anda tidak menyadari masalah atau ketika anda mencoba menyelesaikannya, anda merasa bahwa gejala kecemasan tidak membaik, yang terbaik adalah anda pergi ke terapi psikologis.

Aktivitas fisik
Tetap aktif dan melakukan aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik anda, selain mental. Ketika kita berolahraga, kita melepaskan serotonin atau endorfin. Ini membantu kita merasa lebih baik karena mengurangi stres dan kecemasan dengan menurunkan kortisol dalam tubuh.

Walaupun olahraga dapat membantu anda mengendalikan kecemasan di malam hari, penting bagi anda untuk tidak berlatih di jam-jam malam. Anda akan membuat sistem saraf anda sangat aktif oleh suasana malam. Anda tidak dapat tertidur dengan mudah.

Pola makan
Cobalah konsumsi makan malam ringan dan hindari makan berlebihan di malam hari. Ini akan membantu anda tertidur dan menghindari kecemasan malam hari. Hindari minuman yang mengandung kafein atau taurin secara berlebihan.

Pertahankan jadwal tidur
Tidurlah setiap hari pada saat yang sama agar tidak mengganggu ritme sirkadian dan nikmati tidur yang berkualitas baik.

Berlatih teknik relaksasi
Ini sangat baik untuk melawan insomnia, lepaskan pikiran rumit untuk mengatasi kecemasan dan stres yang berlebihan.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *