Mengatasi Teror Malam Pada Orang Dewasa

Teror malam pada orang dewasa: penyebab, gejala dan pengobatan

Tidak seperti mimpi buruk, ini dikenal dengan istilah teror malam. Teror ini merupakan gangguan tidur yang menyebabkan orang yang terkena mengalami kesedihan atau ketakutan dengan berteriak, menangis, memukul, dsb.

Seseorang yang terpengaruh tidak ingat atas apa yang telah terjadi selama episode ini pada hari berikutnya. Meskipun teror malam sering terjadi pada anak-anak dan menghilang ketika anak tumbuh, ada kemungkinan bahwa hal ini akan terjadi saat dewasa. Kondisi ini dapat terkait dengan masalah emosional seperti stres, kecemasan, depresi atau suatu kondisi lain.

Teror malam menggangu tidur

Teror malam termasuk jenis gangguan tidur dimana seseorang akan terbangun dengan perasaan takut dan sedih. Orang tersebut dapat terbangun dengan menangis dan bahkan bingung. Selain itu, ciri lainnya adalah detak jantung yang lebih cepat, perubahan pernapasan, dan keringat yang berlebihan.

Gangguan ini biasanya berlangsung antara 10 hingga 20 menit, dan kemudian orang tersebut kembali tertidur lagi. Teror malam biasa terjadi selama fase tidur yang dalam atau pada paruh pertama tidur.

Penyebab teror malam pada orang dewasa

Teror malam jauh lebih sering terjadi pada masa kanak-kanak dan biasanya menghilang pada masa remaja. Namun, ada juga persentase orang dewasa yang menderita dan dalam kasus ini, meski penyebab pasti tidak diketahui, spesialis telah mengindikasikan bahwa kondisi ini terkait dengan masalah emosional. Berikut di bawah ini hal-hal yang bisa menjadi penyebab teror malam pada orang dewasa:

  • Stres dan ketegangan emosional
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Gangguan bipolar
  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Beberapa peristiwa traumatis
  • Riwayat keluarga dengan teror malam
  • Sakit demam tinggi dan konsumsi obat
  • Konsumsi alkohol atau obat-obatan

Gejala teror malam pada orang dewasa

Untuk mengetahui apakah anda memiliki gangguan teror malam, anda dapat bertanya pada diri sendiri:

loading...

  1. Pada malam hari, apa anda sering bangun tiba-tiba dan berteriak ketakutan atau sangat tertekan?
  2. Ketika anda bangun, apa anda melakukan tindakan yang membahayakan?
  3. Apakah anda merasa sangat bingung ketika bangun?
  4. Apa anda ingat apa yang terjadi keesokan paginya?

Jika anda telah menjawab salah satu pertanyaan dengan mengatakan “ya”, ada kemungkinan anda menderita teror malam.

Perhatikan apa saja gejala utama teror malam pada orang dewasa, ini dapat membantu anda mengonfirmasi kondisi ini:

  • Sensasi yang sangat tidak menyenangkan selama teror malam.
  • Selama episode, seseorang mengeluh, berteriak, menangis.
  • Bergerak berlebihan yang bisa menyebabkan jatuh dari ranjang.
  • Berjalan dalam tidurnya.
  • Terbangun dengan menjerit, sangat tertekan, dan ketakutan.
  • Memukul atau menendang lingkungan anda tanpa sadar.
  • Tidak bereaksi terhadap upaya yang orang lain lakukan untuk membangunkannya.
  • Tidak mampu mengingat episode atau apapun yang terjadi selama itu.
  • Setelah episode berlalu, orang yang terkena dapat kembali tidur.

Saat anda menderita teror malam, kualitas tidur dan istirahat akan terganggu. Beberapa kondisi akan muncul sebagai akibat gangguan ini seperti insomnia, mengantuk yang berlebihan pada hari berikutnya, dan gagal untuk beristirahat dengan tenang.

Jika teror malam terjadi secara sporadis karena ketegangan atau stres, ini tidak harus menjadi sinyal peringatan. Namun, jika ini menjadi konstan, maka anda perlu mendapatkan bantuan profesional. Bahkan apabila orang-orang di dekat anda terkena dampaknya, anda wajib untuk mendapatkan perawatan.

Profesional kesehatan mental akan menganalisa gejala dari setiap kasus dan membuat evaluasi menyeluruh untuk mengkonfirmasi kondisi. Ada banyak gangguan lain yang menyebabkan gejala yang mirip dengan teror malam. Oleh karena itu, seorang spesialis akan mempelajarinya untuk dapat mengeluarkan diagnosa dengan benar.

Mengatasi teror malam pada orang dewasa

Tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan teror malam pada orang dewasa. Perawatan ini biasanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur penderita dan untuk mencegah episode yang menyedihkan muncul di malam hari. Perawatan teror malam termasuk psikoterapi, mengatasi stres berlebihan, teknik hipnosis dan meditasi, dsb.

Tips untuk menghindari teror malam berulang

  • Atur dan pertahankan jadwal yang stabil untuk tidur. Cobalah untuk beristirahat antara 7 dan 8 jam sehari.
  • Tidur di lingkungan yang nyaman, tenang dan tidak berisik.
  • Rilekskan pikiran sebelum tidur. Anda dapat melakukan aktivitas penenang seperti relaksasi.
  • Lakukan aktivitas fisik di siang hari untuk melepaskan ketegangan yang terakumulasi dan mengurangi stres.
  • Hindari konsumsi zat perangsang di siang hari atau sebelum tidur.
  • Hindari makan malam yang sangat berat atau makan berlebihan sebelum tidur.
  • Mandilah dengan air hangat sebelum tidur untuk bersantai.
loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *