Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Stres?

mencegah stres

Strategi untuk mengatasi stres adalah berusaha mencegah atau mengendalikan ekses permintaan yang datang dari lingkungan atau dari diri kita sendiri. Dalam kasus-kasus dimana situasi yang menimbulkan stres tidak dapat dihindari, tantangannya adalah menghadapi situasi dengan cara yang paling sehat.

Kita dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk mencegah stres.

Belajar santai
Ambil lima belas atau dua puluh menit sehari untuk mempraktikkan teknik ini. Lakukan kegiatan yang memungkinkan anda memperbarui fisik dan psikologis; istirahat, olahraga, atau semua jenis latihan fisik, kegiatan rekreasi, teknik relaksasi.

Makan dan tidur seperlunya
Istirahat malam yang baik dan diet seimbang dapat membantu mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat. Sedangkan untuk tidur, waktu normal adalah delapan jam, tetapi ini akan tergantung pada masing-masing orang.

Lakukan latihan fisik
Kegiatan ini disesuaikan dengan usia dan kondisi setiap orang membantu melepaskan ketegangan dan memfasilitasi peningkatan endorfin, zat yang menyebabkan sensasi menyenangkan. Kegiatan fisik seperti berjalan, berenang, atau bahkan membersihkan rumah akan memperbaiki kekuatan kita.

Belajarlah untuk bersikap asertif
Anda harus belajar untuk bersikap tegas dan menetapkan batasan. Tangguhkan kegiatan yang kurang prioritas. Perilaku asertif menyiratkan ekspresi langsung dari perasaan, kebutuhan, hak atau opini seseorang tanpa mengancam atau menghukum orang lain dan tanpa melanggar hak orang-orang tersebut. Pesan ini mengekspresikan diri tanpa mendominasi, mempermalukan, atau merendahkan orang lain.

loading...

Atur waktu dengan baik
Cuaca buruk, kesibukan, dan banyak tugas yang tidak teratur menyebabkan stres. Mari kita tanpa lupa menyisihkan waktu untuk diri kita sendiri.

Pisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadi
Jangan pulang kerja dan belajar untuk melupakannya ketika kita telah menyelesaikan jadwal kerja kita. Pilihan alternatif mungkin untuk melakukan kegiatan santai dan menyenangkan.

Jauhi kehidupan monoton
Kesibukan rutin adalah faktor yang menyertai ketegangan emosional dan menimbulkan ketidakpuasan dan kebosanan. Mari kita temukan hal-hal yang berbeda untuk dilakukan setiap hari, yang kita sukai.

READ  Perawatan Psikologis untuk Pasien Kanker

Harapan yang realistis
Mengharapkan terlalu banyak dari diri sendiri atau dari orang lain, menuntut kesempurnaan atau tidak fleksibel dengan prioritas, dapat menghasilkan banyak frustrasi.

Komunikasi
Belajar mengomunikasikan diri dan membagikan emosi akan membantu kita meningkatkan komunikasi dan mencegah hubungan yang penuh ketegangan, yang mungkin timbul baik di rumah maupun di tempat kerja. Jika kita mendengarkan dengan seksama, mengakui kesalahan kita, mengekspresikan perasaan dan pikiran kita dengan ketegasan positif yang jauh lebih baik.

Berbagi
Berbagi pemikiran dengan orang lain akan membuat kita merasa jauh lebih baik. Kita dapat meminta nasihat, merenungkan, dan jika masuk akal, kita belajar untuk memperhitungkannya. Membicarakan masalah kita dengan orang-orang tepercaya akan mengurangi banyak ketegangan internal. Temukan seseorang untuk diajak bicara, ungkapkan emosi dan kekhawatiran anda,.

Sikap positif
Mengembangkan sikap positif adalah hal mendasar. Tanpa sikap positif terhadap kehidupan, mencegah dan mengendalikan stres sangat sulit. Jika kita terlalu khawatir karena kita tidak mengendalikan situasi, tetapi kita tidak memobilisasi untuk menyelesaikannya, kita akan merasa tidak berhasil dan meningkatkan stres.

Menyortir dan mengatur lingkungan dapat membantu kita untuk memulai perubahan. Mengelola lingkungan kita dapat membantu kita bekerja dan beristirahat dengan lebih baik. Dalam banyak situasi, stres tidak akan terhindarkan. Anda tidak dapat menghindari wawancara kerja, dan tidak mungkin untuk menghindari kehilangan orang yang dicintai yang memiliki penyakit parah. Tetapi, mencegah stres dapat lebih mudah jika kita melakukan beberapa perubahan dalam gaya hidup kita dan mengadopsi sikap lebih positif dan tegas terhadap situasi yang harus kita hadapi.

loading...


Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *