Menopause: Dampak Psikologis Gejala Emosional

dampak menopause

Menopause adalah akhir siklus ovulasi dan tahap subur wanita. Tidak diragukan lagi, ini adalah momen yang sangat penting dalam kehidupan setiap wanita dan membawa serangkaian perubahan fisik dan emosional.

Pada beberapa kasus akan terlihat lebih jelas karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita. Pada tahap premenopause dan menopause akan terjadi penurunan hormon seperti estrogen dan progesteron. Inilah yang menimbulkan perubahan fisik dan emosional yang dapat mempengaruhi kualitas hidup wanita.

Gejala emosional dan efek psikologis menopause

Selama tahap premenopause dan menopause, ovarium berhenti memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang mengatur siklus menstruasi. Kadar hormon ini sangat menurun, tidak hanya mempengaruhi wanita secara fisik tetapi juga secara psikologis.

Estrogen adalah hormon yang memengaruhi sistem saraf pusat dan efektivitas neurotransmiter, dan pengurangan hormon yang terjadi pada masa menopause dapat menyebabkan penurunan kadar serotonin, yang merupakan neurotransmitter pada saat bersamaan. Secara langsung, ini mempengaruhi kondisi pikiran dan proses tubuh lainnya seperti pengaturan tidur, nafsu makan, libido, dsb. Tingkat serotonin rendah inilah yang dapat menyebabkan wanita menunjukkan perubahan penting dalam keadaan emosi mereka selama premenopause dan menopause.

Mari kita lihat di bawah ini apa saja gejala emosional dan efek psikologis dari menopause yang dapat wanita alami karena perubahan hormon ini:

Perubahan suasana hati
Ini adalah gejala emosional paling umum dari tahap ini karena perubahan hormon dapat menyebabkan perubahan signifikan dalam suasana hati. Anda dapat beralih dari euforia ke kesedihan dan kemarahan tanpa alasan yang jelas, serta lebih rentan dari biasanya dan menjadi lebih mudah marah. Selain itu, gejala-gejala ini dapat meningkat jika wanita itu merasakan penolakan yang besar terhadap tahap hidupnya.

Lekas marah
Selama menopause, adalah mungkin bagi wanita untuk menjadi lebih sensitif, terganggu oleh apapun yang tidak dia lakukan sebelumnya, bersikap defensif, dsb.

Kecemasan
Penurunan kadar estrogen dan penurunan neurotransmitter yang mengatur suasana hati juga dapat menyebabkan kecemasan.

Kesedihan mendalam atau gejala depresi
Penurunan estrogen bersamaan dapat meningkatkan resiko mengembangkan depresi dalam menopause. Depresi lebih sering pada wanita yang memiliki gejala premenopause yang parah, mereka yang mendekati menopause dan masih ingin menjadi ibu dan yang memiliki gangguan mood sebelumnya.

Kesulitan konsentrasi
Stres dan kecemasan dapat menyebabkan wanita memiliki kurang kemampuan untuk berkonsentrasi pada kegiatan yang harus mereka lakukan dalam sehari-hari.

Gangguan tidur
Ini dapat sangat mempengaruhi kualitas tidur dan membuat sangat sulit untuk tidur dan istirahat. Selain itu, insomnia dapat menyebabkan lekas marah dan lelah pada hari berikutnya.

Kehilangan hasrat seksual
Kurangnya estrogen dan perubahan yang terjadi di area intim selama tahap ini menyebabkan wanita memiliki libido yang lebih rendah. Kekeringan vagina muncul dan dinding vagina kehilangan elastisitas, sehingga ketidaknyamanan yang dialami selama hubungan seksual juga mengurangi hasrat seksual.

Kehilangan ingatan
Penurunan estrogen juga mempengaruhi fungsi normal otak dan lebih banyak penyimpangan ingatan jangka pendek.

loading...

Gejala fisik menopause

Untuk gejala emosional sebelumnya, biasanya disertai dengan serangkaian gejala fisik yang juga disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Di antara gejala fisik menopause yang paling umum adalah yang tercantum di bawah ini:

  • Berkeringat
  • Berat badan bertambah
  • Osteoporosis
  • Kekeringan vagina
  • Stres inkontinensia urin
  • Kelelahan dan kelelahan
  • Nyeri sendi
  • Kulit kering
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala
  • Peningkatan risiko terserang infeksi saluran kemih

Jika gejala fisik menopause sangat hebat, maka perlu ke dokter kandungan untuk menilai kemungkinan memulai pengobatan hormonal.

Cara meminimalkan efek psikologis menopause

Berikut serangkaian tips yang dapat membantu untuk mengatasi tahap kehidupan anda dengan lebih baik dan mempertahankan kondisi emosi yang optimal selama menopause:

1. Anda perlu untuk memahami apa yang terjadi pada tubuh anda dan beradaptasi dengan perubahan psikosomatik ini dengan cara yang paling positif. Menopause adalah tahap alami dalam kehidupan setiap wanita dan itu adalah fase sementara yang akan anda atasi. Ini adalah saat yang tepat untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan menikmati semua aktivitas yang paling anda sukai.

2. Jangan menekan emosi negatif anda, terimalah bahkan jika anda tidak menyukainya. Jika anda membagikan apa yang anda rasakan dengan orang-orang tepercaya atau menuliskan emosi negatif yang anda alami di atas kertas, anda akan dapat mengenali dan menanganinya dengan sukses. Manajemen emosional yang baik akan membuat anda merasa lebih baik dengan diri sendiri dan juga dengan orang-orang di sekitar.

3. Untuk mengurangi efek psikologis menopause dan mencapai kesejahteraan emosional yang baik, anda harus memperkuat harga diri. Untuk ini, anda dapat mendedikasikan waktu untuk apa yang benar-benar membuat anda bahagia, mengubah hal-hal yang tidak anda sukai tentang diri anda, mendengarkan suara hati anda.

4. Bicaralah dengan teman dan keluarga dan anda akan melihat bagaimana usaha anda sangat bermanfaat pada tahap ini dan anda berhasil mengatasinya dengan suasana hati yang jauh lebih baik.

5. Bicaralah dengan pasangan anda tentang apa yang anda rasakan dan tentang semua perubahan yang anda alami. Dengan cara ini, anda bisa lebih memahami diri sendiri. Selain itu, penting bagi anda untuk terus menikmati kehidupan seksual anda, karena hubungan intim membantu meningkatkan harga diri dan bahkan meringankan beberapa gejala fisik menopause. Jika anda merasa bahwa hasrat seksual anda telah sangat menurun, anda perlu berkonsultasi dengan pengobatan alami.

6. Cari bantuan psikologis jika anda merasa bahwa anda sendiri tidak dapat mengatasi ketidaknyamanan dan gejala emosional menopause.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *