Mengatasi Stres Depresi Akibat Perceraian

stres karena cerai

Perceraian adalah salah satu peristiwa kehidupan yang paling menegangkan. Stres akut dan kronis mempengaruhi kesehatan emosional dan fisik. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang bercerai memiliki lebih banyak penyakit kronis. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan seseorang berkurang saat perceraian mendekat.

Dalam artikel ini, beberapa tips akan membantu anda mencegah depresi dalam situasi ini, serta teknik yang dapat membantu anda keluar dari depresi setelah perceraian.

Gejala depresi akibat perceraian

Ada kasus-kasus dimana perceraian menjadi peristiwa yang membuat stres dan traumatis dengan rasa sakitnya berlebihan dan beberapa gejala depresi dialami:

  • Tidak bisa tidur seperti biasanya.
  • Terlalu banyak makan atau kurang nafsu makan.
  • Kelelahan yang berlebihan.
  • Rasa sakit yang aneh dan tidak biasa.
  • Kesulitan konsentrasi.
  • Pikiran negatif yang persisten.
  • Kecemasan atau gelisah.
  • Perasaan bersalah atau tidak berguna.
  • Pesimisme atau ketidakpedulian.
  • Kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya sangat bermanfaat bagi orang tersebut.
  • Pikiran berulang tentang kematian.
  • Pikiran bunuh diri.

Meskipun normal untuk merasakan beberapa gejala selama proses ini, orang tersebut harus menghubungi spesialis jika mereka mengalami setidaknya 4 dari gejala di atas setiap hari untuk jangka waktu yang lama.

loading...

Perasaan setelah perceraian

Karena orang tersebut tahu bahwa akan ada perpisahan, ini melewati serangkaian tahapan emosional sehubungan dengan peristiwa penting ini. Pada umumnya, kondisi ini ditandai dengan rasa sakit dan kehilangan:

Penolakan
Penyangkalan adalah cara kita mencoba melindungi diri kita dari badai emosional dan dengan demikian berusaha mengatasi secara emosional. Ini adalah mekanisme alami, asalkan tidak mencegah kita menjalani kehidupan yang normal. Oleh karena itu, anda tidak boleh tetap dalam penyangkalan, menolak untuk menghadapi kenyataan bukanlah strategi yang tepat. Penolakan adalah mekanisme yang berguna dalam jangka pendek, sementara dalam jangka panjang itu melibatkan biaya tinggi dalam kehidupan seseorang.

Kesal
Untuk sementara waktu, semua kesulitan yang anda temukan dalam hidup baru anda adalah kesalahan orang lain, anda tidak memainkan peran apapun. Kemarahan membuat anda tidak melihat sesuatu yang baik tentang mantan pasangan. Ini adalah tahap di mana setiap saat digunakan untuk melepaskan semua kemarahan yang tertekan dalam fase penolakan.

Negosiasi
Tahap ini ditandai dengan mencoba memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh pemisahan. Ini ketika anda berhenti untuk berpikir dan mengatakan anda tidak bisa melakukan ini. Ini adalah upaya untuk memulihkan hidup anda. Pada tahap ini, anda mulai merindukan aspek-aspek positif dari mantan pasangan dan anda ingin dia kembali. Dengan kata lain, itu berubah dari membenci dalam tahap kemarahan menjadi menimbangnya pada tahap negosiasi ini. Di sinilah seseorang berpikir apakah perceraian itu merupakan keputusan yang tepat atau tidak.

Depresi
Pada tahap ini, anda tidak akan merasa ingin meninggalkan rumah atau melakukan apa pun. Anda lebih suka berada di tempat tidur atau menonton TV hampir sepanjang waktu. Kesedihan adalah teman anda selama tahap ini. Karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengelilingi diri anda dengan sistem pendukung yang baik, baik keluarga atau teman.

Penerimaan
Tahap ini, anda telah mengatasinya dan anda telah belajar darinya, tetapi anda harus ingat bahwa menerima situasi baru tidak berarti bahwa anda selalu bahagia dan bahwa anda tidak memiliki emosi negatif tentang perceraian. Mungkin ada saat-saat ketika anda merasa marah atau sedih tentang kehilangan pernikahan anda. Yang penting adalah bahwa bahkan jika anda masih memiliki saat-saat atau perasaan negatif itu, ini tidak lagi melumpuhkan atau mengganggu dalam hidup anda.

Tips mengatasi depresi dengan perceraian

Perhatikan tips berikut yang dapat membantu anda keluar dari depresi setelah perceraian:

1. Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain yang telah mengalami hal yang sama seperti anda. Ingatlah bahwa setiap situasi berbeda pada setiap orang. Selain itu, situasi yang sama tidak mempengaruhi anda semua sama atau dengan cara yang sama.

2. Cari kegiatan dan hubungan baru yang dapat membantu anda membangun kehidupan baru, tetapi jangan terburu-buru, tunggu sebentar sebelum mulai mengambil langkah.

3. Pikirkan sesuatu yang positif, yang bisa anda dapatkan dari apa yang terjadi pada anda. Setiap pagi sebelum bangun dan di malam hari, pikirkan sesuatu yang positif dari momen saat ini.

4. Jangan mengisolasi diri sendiri atau hidup sendirian dari kesulitan-kesulitan ini. Bersandarlah pada keluarga atau teman-teman anda, tetapi anda harus memilih orang-orang di sekitar anda yang memiliki keterampilan mendengarkan yang baik dan menghargai perasaan anda serta menjadi pendukung bagi anda.

5. Jaga kesehatan fisik anda. Makan sehat, lakukan olahraga yang anda bisa dan cobalah tidur cukup untuk mempertahankan tingkat stres.

6. Usahakan melakukan hal-hal yang bermanfaat, walaupun ada kesedihan atau depresi, anda harus memenuhi rencana itu. Ini bukan tentang menunggu untuk menjadi baik, tetapi melakukan hal-hal untuk mulai menjadi baik.

Rasa sakit akan perpisahan tidak diatasi dalam sehari. Anda akan memerlukan banyak waktu. Masing-masing orang memiliki keadaan mereka dan harus mengatasi depresi akibat perceraian.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *