Somnambulisme: Gangguan Tidur Sambil Berjalan

tidur sambil berjalan

Sleepwalking (somnambulisme) atau berjalan sambil tidur adalah masalah tidur yang menyiratkan bahwa orang tersebut bangun dan berjalan atau melakukan tindakan nyata saat tidur. Biasanya, ini adalah gangguan yang lebih sering terjadi pada masa kanak-kanak. Meski begitu, kondisi ini juga dapat tetap terjadi pada orang dewasa dan bahkan timbul ketika telah bertambah tua karena beberapa faktor seperti gangguan psikologis, penyakit, konsumsi alkohol, obat-obatan.

Ketika kondisi ini terjadi pada usia dewasa, anda perlu untuk mengetahui apa penyebab pasti dan memulai pengobatan yang membantu menyelesaikan situasi. Sebagian besar waktu sudah akan untuk mengadopsi beberapa langkah pencegahan dan memodifikasi kebiasaan hidup. Berikut adalah penjelasan secara terperinci tentang penyebab, gejala, dan pengobatan pada orang dewasa.

Tidur sambil berjalan

Sleepwalking adalah gangguan tidur dimana orang yang menderita berada dalam situasi mimpi, bangun dari tempat tidur, berjalan dan melakukan kegiatan tanpa menyadarinya dan tidak ingat lagi keesokan paginya ketika mereka bangun. Selama episode berjalan sambil tidur, otak seseorang sebagian terjaga, tetapi tidak sepenuhnya.

Gangguan ini biasanya terjadi pada paruh pertama malam, khususnya pada fase Non-REM N3. Ini merupakan salah satu fase tidur dimana aktivitas otak lebih lambat. Secara umum, sleepwalker bangun dari tempat tidur dan mengembara melalui perilaku motorik yang kompleks selama tidur nyenyak. Sementara dia tertidur, dia bisa bangun, duduk di tempat tidur, berjalan, menggosok matanya, menyentuh benda, berpakaian, keluar di jalan, dsb.

Meskipun sleepwalking lebih sering terjadi pada anak-anak daripada pada orang dewasa, gangguan ini mempengaruhi beberapa orang dewasa dan bahwa dalam hal ini lebih sulit untuk membedakan sehubungan dengan gangguan tidur lainnya dan dapat lebih berbahaya. Kondisi ini terkait dengan perilaku kekerasan selama tidur yang dapat membahayakan orang yang terkena dampak atau orang-orang yang dekat pada saat itu.

loading...

Penyebab sleepwalking pada orang dewasa

Penyebab sleepwalking tidak sepenuhnya jelas, tetapi penderitaan episode ini selama tidur terkait dengan faktor-faktor seperti berikut ini:

  • Riwayat keluarga yang berjalan dalam tidur; Kondisi kelainan ini memiliki komponen keturunan yang penting, karena sekitar 80% anak yang memilikinya memiliki anggota keluarga langsung yang memiliki masalah ini.
  • Perkembangan otak yang belum matang.
  • Kondisi yang mengubah kelangsungan tidur, seperti sleep apnea atau mendengkur.
  • Kurang tidur atau mengganggu jadwal tidur yang biasa.
  • Demam dan mengkonsumsi beberapa obat dapat mendukung fase tidur nyenyak yang bahkan lebih mendalam dan meningkatkan kemungkinan menderita episode sleepwalking.

Selain itu, dalam kasus orang dewasa, kemungkinan penyebab lain dari sleepwalking telah ditunjukkan sebagai:

  • Konsumsi alkohol atau zat narkotika.
  • Stres, kelelahan, dan kecemasan: kondisi ini dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan episode berjalan saat tidur.
  • Gangguan mental
  • Konsumsi beberapa obat penenang, hipnotik atau untuk pengobatan gangguan kejiwaan.
  • Kondisi seperti epilepsi, kejang, sindrom kaki gelisah, dsb.
  • Penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, Alzheimer, dan demensia.
  • Pada pasien usia lanjut, berjalan dalam tidur dapat menjadi konsekuensi dari gangguan neurokognitif, dimana fungsi mental menurun karena menderita suatu penyakit.

Gejala tidur sambil berjalan pada orang dewasa

Durasi episode berjalan sambil tidur bervariasi dari satu orang ke orang lain, karena ada kasus di mana ini hanya berlangsung beberapa detik atau menit, sementara yang lain berlangsung hingga 30 menit atau lebih. Rata-rata, mereka biasanya bertahan sekitar 10 menit.

Gejala utama dari sleepwalking adalah yang tercantum di bawah ini:

  • Bangun dan bangun dari tempat tidur.
  • Duduk tegak di tempat tidur dan membuka mata seolah-olah terbangun.
  • Berjalan sambil tidur.
  • Lakukan aktivitas tertentu selama tidur, seperti pergi ke kamar mandi, berpakaian, membuka baju, memindahkan benda, makan.
  • Ekspresi wajah tidak ada.
  • Bicara saat tidur.
  • Tidak ingat episode sleepwalking atau apa yang terjadi selama ini di hari berikutnya.
  • Jika seseorang membangunkan anda selama episode berjalan sambil tidur, anda mungkin memiliki sikap agresif.
  • Keesokan harinya, anda mungkin memiliki lebih banyak kelelahan dan kesulitan untuk melakukan tugas-tugas harian anda karena gangguan tidur.

Perawatan untuk berjalan dalam tidur pada orang dewasa

Tidak ada pengobatan khusus untuk somnambulisme pada orang dewasa. Ketika itu terjadi sesekali, biasanya sembuh dengan sendirinya ketika faktor yang mungkin menyebabkan kejadiannya telah dikoreksi. Namun, ketika diperlukan atau seorang spesialis medis menunjukkan hal itu, pengobatan sleepwalking dapat meliputi:

1. Pengobatan penyakit atau kondisi yang menyebabkan sleepwalking, karena seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, ini bisa menjadi konsekuensi dari beberapa gangguan mental atau penyakit yang mendasarinya. Oleh karena itu, maka harus dicari penyebabnya untuk menentukan perawatan.

2. Mengonsumsi obat penenang yang dapat membantu mengurangi episode sleepwalking. Jika diduga gangguan ini disebabkan oleh penggunaan obat tertentu, anda harus berkonsultasi dengan dokter kemungkinan untuk menggantinya dengan yang lain atau menyesuaikan dosisnya.

3. Psikoterapi: terapi psikologis yang tepat dapat membantu mengurangi kecemasan, memperbaiki tidur, mengatasi stres dan belajar rileks dengan benar.

Selain hal di atas, dalam hal menjadi sleepwalker, ada serangkaian langkah pencegahan yang harus diadopsi untuk mengurangi frekuensi episode nokturnal ini dan meningkatkan kualitas hidup orang yang terkena dampak. Yang paling penting adalah:

1. Cobalah tidur antara 7 dan 8 jam sehari, atur waktu untuk tidur setiap hari pada waktu yang sama, istirahatlah dengan tenang dan santai, hindari kebisingan saat tidur, hindari kegiatan yang mengaktifkan pikiran sebelum tidur.

2. Kurangi kecemasan dan stres di hari ke hari dengan latihan yoga atau belajar teknik relaksasi bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk bersantai. Jika kecemasan atau stres tidak dapat dikurangi, maka akan lebih mudah untuk pergi ke psikolog profesional untuk memulai terapi yang tepat.

Biasanya, tidur sambil berjalan bukanlah penyebab kekhawatiran dan episode biasanya menghilang dengan sendirinya secara spontan. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan spesialis jika hal ini terus-menerus terjadi.

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *