Kelumpuhan Tidur Penyebab Gejala Perawatan

kelumpuhan tidur

Kelumpuhan tidur adalah gangguan tidur di mana penderita merasa sadar tetapi tidak mampu menggerakkan tubuhnya atau berbicara, meskipun dia dapat memahami apa yang terjadi di sekitarnya. Kondisi ini menimbulkan kesedihan dan keputusasaan pada yang terkena. Biasanya, gangguan ini menyerang pada saat mulai tidur atau bangun, dan memiliki durasi rata-rata 1 hingga 3 menit.

Telah ditunjukkan bahwa sekitar 50% dari populasi manusia pernah menderita beberapa episode dari jenis ini dalam kehidupan. Secara umum, ini terkait dengan tingkat stres, kecemasan dan kebiasaan tidur yang buruk, meskipun itu juga bisa menjadi konsekuensi dari penyakit fisik atau mental yang lebih serius. Ketika sering mengalami episode kelumpuhan tidur, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan memulai pengobatan yang tepat.

Penyebab kelumpuhan tidur

Kelumpuhan tidur dihasilkan sebagai akibat dari kurangnya koordinasi antara beberapa area otak dan bagian dari sistem saraf yang bertanggung jawab untuk memberikan perintah kepada otot-otot tubuh. Saat kita tidur, kita melewati berbagai tahapan tidur dan pada tahap di mana tidur terjadi, yang disebut REM. Ini adalah tempat di mana otot otot diciptakan, yang berarti bahwa aktivitas otot-otot ditekan selama tidur.

Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan bahwa seseorang terbangun selama tahap REM, yang menyebabkan ketidakmampuan untuk bergerak meskipun orang tersebut telah sadar kembali. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur memasuki kondisi kesadaran antara tidur dan bangun serta tidak mampu melakukan tindakan fisik, tetapi hanya untuk memahami apa yang terjadi di sekitar mereka.

Meskipun penyebab kelumpuhan tidur tidak sepenuhnya jelas, telah diduga bahwa gangguan tidur ini dapat dikaitkan dengan:

  • Pola tidur yang tidak teratur.
  • Narkolepsi
  • Sleep apnea
  • Stres berlebihan
  • Gangguan kecemasan
  • Serangan panik
  • Depresi
  • Gangguan bipolar
  • Gangguan stres pasca-trauma
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kelumpuhan tidur

loading...

Jenis kelumpuhan tidur

Berdasarkan penyebab kelumpuhan tidur, kita dapat membedakan antara jenis berikut:

Kelumpuhan tidur terisolasi
Ini adalah kelumpuhan pada pasien yang sebelumnya tidak menderita gangguan ini. Dalam kasus ini, biasanya dikaitkan dengan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Secara umum, itu terjadi sementara, tetapi akhirnya menghilang atau tidak pernah terjadi lagi. Ini juga bisa menjadi konsekuensi dari tidak beristirahat dengan waktu yang tepat atau melakukannya dengan cara yang tidak teratur.

Kelumpuhan tidur keluarga
Kelumpuhan tidur jenis ini sangat jarang terjadi. Ini terjadi pada semua anggota keluarga tanpa terkait dengan jenis patologi lain.

Kelumpuhan tidur terkait dengan penyakit lain
Ada beberapa penyakit seperti, misalnya, narkolepsi yang dapat menyebabkan kelumpuhan tidur.

Gejala kelumpuhan tidur

Secara umum, kelumpuhan tidur terjadi pada awal tidur atau pada saat terbangun dan biasanya memiliki durasi pendek kurang dari 1 menit dan tidak lebih dari 3 menit. Namun, perlu dicatat bahwa durasinya bervariasi tergantung pada masing-masing orang.

Selama durasi episode ini, orang yang tersadar terbangun, berada dalam keadaan sadar antara tidur dan bangun dan tidak dapat melakukan gerakan apapun, yang menghasilkan kesedihan dan kecemasan yang besar. Seseorang memang memiliki kapasitas untuk memahami apa yang terjadi di sekitarnya pada saat itu, tetapi dia tidak dapat bergerak, melakukan tindakan fisik apapun, atau meminta bantuan.

READ  Perawatan Psikologis untuk Pasien Kanker

Berikut adalah gejala utama kelumpuhan tidur yang dapat terjadi:

  • Kesulitan bernafas secara normal, merasa sesak napas atau tekanan di dada.
  • Kemampuan menggerakkan mata, beberapa orang bisa membukanya dan yang lain tidak bisa.
  • Ketakutan atau panik
  • Halusinasi visual: ada orang yang mengatakan mereka melihat sesuatu di dalam ruangan meskipun mereka tidak dapat mengenalinya.
  • Halusinasi pendengaran: suara intens yang berbeda dapat dirasakan seperti desis, dengung, pukulan, lonceng, jeritan, peluit, sirene, kristal pecah, musik, langkah kaki, dll.
  • Halusinasi kinestetik: perasaan jatuh di tempat tidur, mengambang, getaran yang melewati tubuh, kesemutan.
  • Kecemasan dan kesedihan.

Konsekuensi kelumpuhan tidur

Beberapa konsekuensi dari kelumpuhan tidur pada orang yang mengalaminya adalah:

  • Kesedihan dan keputusasaan menemukan bahwa ia tidak dapat menggerakkan tubuhnya.
  • Insomnia dan ketakutan tertidur karena fakta bahwa ia dapat mengalami kembali episode kelumpuhan tidur.
  • Merasa sangat lelah dan kelelahan di siang hari.

Bagaimana menghindari kelumpuhan tidur?

Biasanya, gejala kelumpuhan tidur menghilang secara spontan tanpa harus melakukan perawatan khusus. Namun, seperti yang telah anda baca di atas, anda perlu untuk mengunjungi dokter jika episode tersebut teratur atau terlalu sering dan jika disertai gejala lain selain yang telah disebutkan. Spesialis akan menganalisis riwayat klinis pasien dan gejala-gejala yang disajikan.

Di antara tips utama yang dapat dilakukan setiap hari untuk menghindari kelumpuhan tidur, adalah sebagai berikut:

  • Tentukan jadwal tidur yang tetap, cobalah tidur antara 7 atau 8 jam sehari, ciptakan lingkungan tidur yang cocok yang tenang, santai, dan tanpa kebisingan.
  • Hindari aktivitas yang merangsang sebelum tidur, seperti menonton televisi atau menggunakan perangkat seperti ponsel, tablet, komputer, dll.
  • Hindari konsumsi minuman stimulan atau dengan kafein sejak sore hari.
  • Berolahraga secara teratur, tetapi hindari melakukannya di jam-jam terakhir.
  • Kurangi stres setiap hari dengan teknik relaksasi.
  • Mandilah dengan air hangat atau infus santai sebelum tidur.

Jika kelumpuhan tidur merupakan akibat dari beberapa penyakit fisik atau mental, terapi psikologis dan pengobatan farmakologis dapat direkomendasikan. Obat antidepresan dapat diresepkan dalam kasus-kasus dengan tingkat keparahan yang lebih besar, karena obat jenis ini bertindak dengan memodifikasi konsentrasi beberapa neurotransmitter di otak yang bertugas mengatur fase tidur REM, yang membuat tahap ini lebih pendek dan tidak terlalu dalam.

loading...

1 Star2 Star3 Star4 Star5 Star (No Ratings Yet)
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *