Cara Mengatasi Insomnia Akibat Kecemasan

insomnia

Insomnia termasuk gejala yang memanifestasikan dirinya dalam hampir semua jenis kecemasan. Selain kesulitan tertidur dan ketidakmampuan untuk menikmati tidur nyenyak, gangguan ini memiliki efek yang sangat merugikan pada orang-orang dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Insomnia dan kecemasan saling memberi makan, karena ketidakmampuan tidur ini membuat kita semakin gugup dan menyebabkan tubuh memasuki keadaan tegang, sehingga menajamkan gejala-gejala kecemasan. Dalam artikel psikoligi klinis ini, anda akan mengetahui bagaimana hubungan antara kedua kondisi ini dan tindakan untuk mengatasi kecemasan insomnia.

Insomnia dan kecemasan malam hari

Insomnia adalah ketidakmampuan atau kesulitan untuk tertidur dan menikmati tidur nyenyak. Masalah tidur ini adalah gejala yang sangat umum pada banyak gangguan psikologis dan kejiwaan, tetapi seringkali disebabkan oleh stres, gugup, atau kecemasan.

Namun, di lain waktu, insomnia dapat menjadi kondisi kronis jika anda menderita untuk waktu yang lama dan bisa merupakan akibat dari gangguan kecemasan umum atau penyakit lain. Oleh sebab itu, akan lebih baik untuk mengunjungi dokter jika sulit untuk tidur dalam waktu yang lama.

Beberapa gejala kecemasan yang dapat mengganggu kualitas tidur adalah yang tercantum di bawah ini:

  • Ketegangan berlebih
  • Kekhawatiran berlebihan tentang acara yang lalu atau yang akan datang.
  • Dibanjiri oleh tanggung jawab.
  • Merasa tertekan
  • Nyeri otot
  • Takikardia

Hubungan yang ada antara insomnia dan kegelisahan menyebabkan lingkaran setan. Ketika seseorang menderita insomnia, orang tersebut biasanya mengantisipasi masalah dengan tidur, yang menyebabkan kecemasan meningkat dan takut tidak bisa tidur. Selain itu, kurang tidur dan kelelahan yang bisa dialami keesokan harinya juga dapat meningkatkan gejala kecemasan.

Apa yang harus dilakukan jika saya mengalami kecemasan dan saya tidak bisa tidur?

Jika anda telah mengalami gejala kecemasan selama beberapa waktu, termasuk insomnia, dan ini tidak hilang atau anda merasa tidak dapat mengendalikan situasi, penting bagi anda untuk mencari bantuan profesional dan pergi ke psikolog untuk membantu mengidentifikasi asal kecemasan ini.

Ketika anda mengalami kecemasan di malam hari dan ini membuat anda tidak bisa tertidur dan beristirahat dengan tenang, ada serangkaian tips dan tindakan yang dapat anda praktikkan untuk mengatasi insomnia karena kecemasan:

1. Cobalah untuk menghadapi pikiran negatif dan jika anda berada di tempat tidur mencoba tidur dan anda tidak bisa tidur dalam waktu sekitar 20 menit, yang terbaik adalah bangun dan melakukan sesuatu yang lain, seperti berjalan, melakukan beberapa aktivitas di rumah yang tidak melibatkan banyak upaya mental.

2. Pertahankan kebiasaan tidur yang baik, berusaha menetapkan jadwal tidur teratur. Tidurlah selalu di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama. Jika anda menciptakan ritme kehidupan semaksimal mungkin, anda akan membantu tubuh anda untuk melakukan proses metabolisme dengan cara yang tepat dan kondisi kesehatan anda optimal.

READ  Cara Merawat Seseorang Dengan Gangguan Kepribadian Ambang

3. Kontrol rangsangan sebelum tidur: hindari aktivitas rangsangan sebelum tidur seperti menonton TV, menggunakan ponsel, tablet, atau komputer.

4. Hindari tidur siang hari karena ini dapat membuat insomnia di malam hari lebih ditekankan dan jauh lebih sulit untuk tertidur.

5. Pastikan kamar tidur anda adalah tempat yang baik untuk beristirahat. Hindari suara bising, pertahankan suhu yang baik di ruangan dan cobalah membuatnya gelap agar cahaya tidak mengganggu mimpi.

6. Hindari konsumsi zat yang merangsang dan mengasyikkan, seperti kafein atau alkohol.

7. Aktivitas fisik dapat membantu anda memerangi insomnia karena kecemasan, karena latihan aktivitas fisik membuat tubuh anda melepaskan endorfin, yang akan meningkatkan suasana hati dan membantu anda mengurangi stres dan kecemasan.

8. Makan malam ringan dan hindari makan berlebihan di malam hari. Usahakan untuk makan sehat dan seimbang sepanjang hari.

9. Lakukan teknik relaksasi, seperti relaksasi otot progresif, atau berlatih yoga atau mindfulness. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menyalurkan stres, mencapai ketenangan mental dan, karenanya, mengatasi kecemasan insomnia.

10. Teknik pernapasan juga sangat berguna jika terjadi insomnia dan kecemasan di malam hari, karena teknik ini dapat membantu anda merilekskan seluruh tubuh dan mencegah kemungkinan serangan kecemasan. Selain itu, kebiasaan bernapas yang benar memungkinkan tubuh menerima jumlah oksigen yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik.

Hal lain yang dapat anda lakukan untuk merilekskan tubuh dan pikiran untuk mencapai tidur malam yang baik adalah mandi air panas beberapa menit sebelum tidur. Mandi dengan air panas meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan relaksasi. Anda dapat meningkatkan efek relaksasi jika anda menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau rosemary ke dalam air.

Selain menambahkannya ke air mandi, obat alami lain yang baik untuk melawan insomnia adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak esensial yang menenangkan di bantal tempat anda tidur. Minyak lavender atau oranye akan membantu anda menjadi tidak terlalu cemas, rileks, dan memicu tidur.

loading...

1 Star2 Star3 Star4 Star5 Star (No Ratings Yet)
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *